DUA LEMBAGA PERPUSTAKAAN DI TRENGGALEK TOREHKAN PRSETASI TINGKAT PROVINSI DAN TINGKAT NASIONAL

TRENGGALEK – Rabu,  21 Oktober 2020 bertempat di Hotel Luminor Surabaya, telah dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada Perpustakaan Lentera Desa Buluagung Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek  oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Provinsi Jawa Timur sebagai Juara I Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, diserahkan pula piagam penghargaan kepada Perpustakaan SMK N 1 Trenggalek sebagai Juara I Lomba Perpustakaan SLTA/MA Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2020.

Pada hari sebelumnya, Selasa, tanggal 20 Oktober 2020, Perpustakaan Nasional RI juga telah mengumumkan pemenang  lomba Perpustakaan yang telah dilaksanakan untuk tahun 2020, baik untuk Perpustakaan  Desa/Kelurahan maupun Perpustakaan SLTA/Madrasahs. Dalam pengumuman yang digelar secara daring di Jakarta tersebut, Berdasarkan Berita Acara  Pemenang Lomba yang dibacakan oleh Ketua Tim Juri                           Dra. Fatmi S.S,    Perpustakaan SMKN 1 Trenggalek dinyatakan sebagai Juara III Tingkat Nasional dengan nilai 888,4 sedangkan peserta lomba untuk tingkat SLTA/MA sebanyak 34 peserta yang merupakan perwakilan 34 provinsi seluruh Indonesia. Sedangkan                 Juara I diraih oleh Perpustakaan Amarta MAN 1 Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta dengan nilai 903 dan Juara II direbut oleh Perpustakaan TABRANI RAB SMK ABDUL RAB Pekanbaru Provinsi Riau dengan nilai 894.

Sedangkan dalam Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat    Nasional, Perpustakaan Lentera Desa Buluagung Kecamatan Trenggalek sayangnnya belum bisa mejadi juara setelah mewakili Provinsi Jawa Timur. Sebanyak tiga perpustakaan desa/kelurahan terpilih menjadi Juara Pertama dari klaster A, B, dan C.  Juara pertama Klaster A diraih perpustakaan “Harapan Bangsa” dari Berau, Kalimantan Timur.  Untuk Klaster B Juara Pertama diraih Perpustakaan “Gembira” dari Bombana, Sulawesi Tenggara. Sedangkan untuk  Klaster C diraih perpustakaan “Ulul Albab” Desa Mentibar, Sambas, Kalimantan Barat.

Kepala Perpusnas Nasional, Muhammad Syarif Bando menyatakan lomba ini bertujuan menggerakkan perpustakaan di Indonesia untuk menunjukkan eksistensi dan perannya. “Dan yang paling penting, adalah apresiasi dari Pemerintah Daerah,  baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota terhadap sekolah-sekolah dan desa-desa yang ikut dalam lomba ini,” jelas Syarif Bando saat pengumuman lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik dan Perpustakaan SLTA/Madrasah Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 yang digelar secara daring  tersebut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan?