Dinas Kearsipan dan Perpustakaan gelar bimtek pengelola perpustakaan sekolah

Trenggalek – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Trengggalek  mengelar bimtek pengelola perpustakaan sekolah tingkat SD/Mi sebanyak 60 peserta, dibagi menjadi 2 angkatan yang digelar pada tanggal 17 s/d 19 Februari dan 24 s/d 26 Februari 2020.  Kegiatan bimtek pengelola perpustakaan tahun 2020 ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi SDM pengelola Perpustakaan Sekolah serta meningkatkan layanan Perpustakaan Sekolah dalam rangka menumbuhkan minat dan budaya baca di Sekolah serta bagaimana mengelola perpustakaan secara baik dan benar.

Salah satu misi perpustakaan adalah sebagai wahana pendidikan, penelitian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam pasal 4 Undang-undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Dengan demikian pengelola perpustakaan perlu berupaya agar menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan layanan Perpustakaan. Kegiatan ini tentunya sangat strategis dalam rangka menambah pengetahuan dan wawasan kepada para pengelola Perpustakaan Sekolah sehingga mampu meningkatkan pelayanan, mutu dalam pengelolaan perpustakaan yang benar dan profesional

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs. Catur Budi Prasetyo menyambut baik kegiatan ini karena mengingat pentingnya peran perpustakaan bagi perkembangan pengetahuan di sekolah. Beliau meminta kepada pengelola perpustakaan untuk bekerja sungguh-sungguh, sehingga pola pikir yang selama ini hanya senang memperoleh informasi maupun pengetahuan melalui media audio visual saja, beralih menjadi senang memperoleh informasi melalui membaca. Selanjutnya bahwa keberadaan perpustakaan tentu harus mampu memberikan pelayanan prima dan mampu menjawab pemenuhan bahan referensi bacaan masyarakat. Terlebih di era globalisasi ini, perpustakaan tidak lagi diukur dari banyaknya koleksi, akan tetapi lebih ditekankan pada pelayanan akses atau kemudahan mendapatkan informasi tanpa dibatasi oleh ruang, jarak dan waktu atau lebih dikenal dengan istilah “Perpustakaan Digital”

 

  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan?